Coba Cara Ini ketika Ponsel atau Tablet Android Tak Mau Hidup

Coba Cara Ini Ketika Ponsel Atau Tablet Android Tidak Mau Hidup

Ketika menghidupkan ponsel atau tablet Android dengan menekan tombol Power, tetapi ternyata ponsel atau tablet tersebut tidak mau hidup/nyala, apa yang akan Anda lakukan?

Panik?

Jangan dulu panik, masalah bisa saja disebabkan oleh kerusakan hardware tapi bisa juga karena masalah software dan jika ya masalah disebabkan oleh kerusakan software maka langkah-langkah yang dijelaskan di sini bisa membantu Anda.

Charge Perangkat Anda untuk Beberapa Menit

Coba Cara Ini Ketika Ponsel Atau Tablet Android Tidak Mau Hidup 1

Jika daya baterai perangkat Android Anda hampir habis, biasanya akan muncul indikator pada layar bahwa baterai kosong ketika Anda mencoba untuk menghidupkannya.

Tapi, jika kondisi baterai benar-benar kosong/habis, ponsel atau tablet tidak akan merespon sama sekali ketika Anda menakan tombol Power untuk menghidupkannya.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup tancapkan ponsel atau tablet Android Anda ke pengisi daya. Jangan langsung dihidupkan, tunggu minimal 15 menit sampai baterai perangkat Anda memiliki cukup daya.

Jika cara di atas tidak bekerja dan perangkat tetap tidak mau nyala, coba dengan kabel atau charger yang berbeda.

Cabut Baterai atau Tekan Lama Tombol Power

Coba Cara Ini Ketika Ponsel Atau Tablet Android Tidak Mau Hidup 2

Seperti sistem operasi lain, Android juga kadang-kadang sulit untuk merespon atau biasa disebut dengan kondisi freeze. Dan untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah “hard reset”.

Hard reset berarti memotong aliran daya secara paksa, ini bisa dilakukan dengan mencabut baterai perangkat, tunggu sekitar 10 detik kemudian pasang kembali dan coba nyalakan.

Pada ponsel atau tablet dengan baterai tanam, yang perlu Anda lakukan adalah menekan lama pada tombol Power. Tekan tombol Power sekitar 10 sampai 30 detik.

Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Coba Cara Ini Ketika Ponsel Atau Tablet Android Tidak Mau Hidup 3

Dalam beberapa kasus, ponsel atau tablet dapat booting tapi sistem operasi Android di dalamnya tidak bekerja dengan baik atau crash.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat langsung booting ke menu recovery mode, di mana Anda dapat melakukan factory reset dari sana.

Cara Flashing Custom Recovery Android dengan Rashr

Cara Flashing Custom Recovery Android dengan Rashr

Setelah melakukan rooting pada perangkat Anda, untuk dapat menginstal banyak mods atau custom ROM di ponsel Anda memerlukan yang namanya ...
0 comments

Pertama, matikan ponsel atau tablet kemudian booting dengan menekan tombol kombinasi untuk masuk ke recovery mode. Kombinasi tombol ini tergantung pada perangkat Anda.

Sebagai contoh, di perangkat Samsung Galaxy S6, untuk masuk ke recovery mode maka cukup menekan tombol Volume Up + Home + Power. Cari untuk versi perangkat Anda di internet.

Kembalikan Firmware Perangkat Anda

Coba Cara Ini Ketika Ponsel Atau Tablet Android Tidak Mau Hidup 4

Jika masalah disebabkan oleh kerusakan software dan factory reset tetap tidak membantu. Anda mungkin perlu mengembalikan firmware ke kondisi awal sesuai dengan versi yang disediakan produsen perangkat Anda.

Kasus seperti ini sering terjadi pada mereka yang sering bermain-main dengan ROM kustom atau melakukan tweak pada sistem.

5 Alternatif Custom Rom Android Selain Cyanogenmod

5 Alternatif Custom ROM Android selain CyanogenMod

Ketika berbicara mengenai custom ROM Android, maka nama pertama yang akan muncul di pikiran kita adalah CyanogenMod. Namun, jika Anda ...
0 comments
Semua Hal Tentang Custom ROM yang Harus Anda Tahu

Semua Hal Tentang Custom ROM yang Perlu Anda Tahu

Anda mungkin saat ini sudah cukup menikmati apa yang perangkat Android Anda suguhkan, mulai dari tampilan hingga kinerja. Setiap perangkat ...
0 comments

Dan tidak sulit untuk menemukan firmware bawaan dari sebuah perangkat. Saat ini sudah banyak forum yang bisa menjadi sumber informasi untuk masing-masing jenis perangkat.

Terakhir yang juga patut untuk dicoba adalah memanfaatkan fitur safe mode. Sama halnya seperti sistem operasi Windows, Android pun dibekali dengan fitur safe mode.

Ketika Anda masuk ke mode ini, Android tidak akan memuat perangkat lunak pihak ketiga. Silakan lakukan pencarian di internet bagaimana cara masuk ke safe mode untuk jenis perangkat yang Anda miliki.

Sumber gambar: howtogeek.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: