Membagikan Video YouTube yang Dimulai pada Menit Tertentu

Membagikan Video Youtube Yang Dimulai Pada Menit Tertentu

Di YouTube, Anda dapat membagikan video dan mengatur agar video dimainkan pada menit atau detik tertentu. Ini berguna ketika misalnya Anda ingin menunjukkan bagian tertentu dari sebuah video kepada teman.

Sayangnya, opsi ini hanya tersedia jika Anda membuka video YouTube lewat browser desktop (PC/Laptop). tidak tersedia jika Anda membuka video lewat aplikasi YouTube atau lewat browser smartphone.

Tapi tenang, jika Anda tetap ingin melakukannya lewat perangkat mobile, Anda hanya perlu sedikit trik saja dan nanti akan saya jelaskan.

Metode Desktop (PC/Laptop)

  1. Buka video YouTube di browser komputer Anda.
  2. Klik tombol BAGIKAN di bagian bawah video.
    Membagikan Video Youtube Yang Dimulai Pada Menit Tertentu 1
  3. Akan muncul jendela pop-up seperti ini.
    Membagikan Video Youtube Yang Dimulai Pada Menit Tertentu 2
  4. Centang bagian Mulai pada dan tentukan waktunya. Di sini Anda dapat membagikan video yang dimulai pada menit atau detik tertentu. Sebagai contoh, saya akan membagikan video yang dimulai pada menit ke-2. Karena format penulisannya adalah detik, maka saya cukup mengetikkan angka 120 di dalam kotak kemudian tekan Enter.
    Membagikan Video Youtube Yang Dimulai Pada Menit Tertentu 3
  5. Klik tulisan SALIN di samping URL dan video siap dibagikan.

Hasilnya akan seperti ini, video otomatis akan dimulai pada menit ke-2:

Trik untuk Perangkat Mobile

Jika Anda perhatikan, ada perbedaan antara URL video yang dimulai pada menit/detik tertentu dengan URL video normal. Perhatikan gambar berikut:

Pada video yang dimulai pada menit tertentu ada penambahan ?t=2m di bagian belakang URL, benar? Berikut penjelasannya:

  • Tanda ? jika digunakan dalam URL menandakan awal dari sebuah query.
  • Tanda t adalah simbol dari waktu diikuti dengan tanda =.
  • Tanda 2m adalah waktu yang dimaksud, m untuk menit dan s untuk detik. Sebagai contoh, jika Anda ingin membagian video yang dimulai pada menit ke-2 dan detik ke-18 maka kode nya akan menjadi ?t=2m18s.

Jadi, jika Anda ingin membagikan video yang dimulai pada menit tertentu lewat perangkat mobile, buka video tersebut di aplikasi YouTube kemudian tekan ikon berbagi di bagian bawah video dan pilih opsi Salin link.

Bagikan link tersebut dengan menambahkan kode waktu di ujung URL sesuai dengan penjelasan di atas, tergantung pada menit ke berapa Anda ingin video itu dimulai.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments