Cara Membuka Link di Android dengan Aplikasi yang Kita Inginkan

Cara Membuka Link Di Android Dengan Aplikasi Yang Kita Inginkan

Di Android, Anda dapat memilih aplikasi apapun untuk membuka sebuah link selama aplikasi yang Anda pilih kompatibel dengan jenis link yang akan dibuka.

Ini bekerja ketika Anda menekan sebuah link, Android akan memberikan pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka link tersebut disertai dengan pilihan “Hanya sekali” atau “Selalu”.

Jika Anda memilih “Hanya sekali”, Android akan terus memberikan pilihan aplikasi yang bisa digunakan setiap kali Anda menekan sebuah link.

Tapi jika Anda memilih “Selalu” maka aplikasi yang dipilih akan ditetapkan sebagai aplikasi default untuk membuka jenis link yang dimaksud. Ini artinya, setiap kali Anda membuka jenis link tersebut, secara otomatis Android akan memilih aplikasi yang Anda tentukan untuk membukanya.

Bagi sebagian besar pengguna, penanganan link seperti itu cukup membantu. Namun, tak sedikit juga yang menilai bahwa penanganan link di Android belum sempurna.

Terutama ketika Anda telah menentukan aplikasi sebagai aplikasi default untuk membuka jenis link tertentu, sulit bagi Anda untuk memilih kembali aplikasi yang berbeda.

Di sinilah peran aplikasi pihak ketiga seperti Open Link With…

Fungsi dasar dari aplikasi ini sama dengan fungsi penanganan link di Android. Dan sisanya, fitur yang dimiliki aplikasi ini mampu melengkapi kekurangan pada fungsi penanganan link di Android.

Contoh lain adalah ketika Anda menekan link video YouTube di browser maka fungsi penanganan link Android tidak akan selalu menanyakan atau memberikan Anda pilihan.

Dengan Open Link With… Anda dapat membuka link apapun dengan aplikasi apapun yang kompatibel, kemudian menetapkannya secara default tanpa menimpa konfigurasi dari penanganan link Android.

  1. Pertama, instal terlebih dahulu aplikasinya di perangkat Anda.
    Open Link With...
    Open Link With...
    Developer: Said Tahsin Dane
    Price: Free
  2. Buka aplikasinya. Pada layar pertama, berikan akses pada aplikasi dengan menekan GIVE ACCESS di bagian bawah. Kemudian pilih Open Link With dan aktifkan bagian Permit usage access.
  3. Sekarang Anda sudah bisa menggunakannya untuk membuka link. Setiap kali Anda membuka link di aplikasi yang salah, cukup masuk ke menu share Android kemudian pilih Open With… dari daftar.
  4. Berikutnya, pilih aplikasi berbeda untuk membuka link tersebut. Di sini juga ada pilihan yang sama dengan fungsi penanganan link Android, yaitu JUST ONCE jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut hanya sekali atau ALWAYS untuk menetapkan aplikasi tersebut sebagai aplikasi default untuk membuka jenis link yang dimaksud. Namun, semua pengaturan ini tidak akan mempengaruhi/menimpa pengaturan penanganan link Android, jadi tidak perlu khawatir.

Link akan langsung terbuka di aplikasi pilihan Anda segera setelah Anda memilihnya dari menu Share. Jadi, setiap kali Anda terjebak dalam aplikasi yang salah ketika membuka sebuah link dan ingin membukanya dengan aplikasi yang berebda, Anda dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi ini.

Sumber gambar:  gadgethacks.com

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Pardiutama
Guest
Pardiutama

Lebih bagus