Cara Instal OmniSwitch di Android Nougat

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat

Salah satu alasan utama untuk menginstal ROM kustom adalah tersedianya banyak fitur menarik yang tidak didapatkan di stock ROM Android.

OmniROM adalah salah satu ROM kustom yang cukup populer. OmniROM menawarkan kemampuan multitasking luar biasa lewat fitur yang disebut OmniSwitch.

OmniSwitch lebih dari sekedar switcher aplikasi biasa, fitur ini menyediakan antarmuka yang memungkinkan Anda untuk menyematkan (pin) aplikasi favorit, mengatur akses, melihat penggunaan memori dan masih banyak lagi.

Untungnya, untuk sekedar dapat menikmati firut OmniSwitch ini Anda tidak perlu menginstal ROM kustom OmniROM. Anda yang saat ini menggunakan Android Nougat bisa mendapatkan fitur OmniSwitch tanpa perlu menginstal OmniROM.

Namun, tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu ponsel Android yang sudah di-root dan custom recovery.

[pg_posts id=”5559″ posts_per_page=”1″]

Sekarang kita masuk ke tutorialnya.

Langkah 1: Download File ZIP OmniSwitch

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan file ZIP dari OmniSwitch yang nantinya harus Anda flashing lewat custom recovery.

Silakan download file ZIP OmniSwitch dengan mengklik link ini.

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat A

Langkah 2: Flashing

Masuk ke custom recovery, misal TWRP. Di menu custom recovery, pilih opsi Install dan dari sana cari file ZIP yang sudah Anda download di langkah 1.

Setelah memilih file, geser slider di bagian bawah layar untuk menginstalnya dan setelah selesai, tekan Reboot System.

Langkah 3: Lakukan Penyesuaian OmniSwitch

Pada tahap ini, Anda sudah berhasil menginstal OmniSwitch. Namun, Anda masih harus melakukan penyesuaian atau kustomisasi untuk memaksimalkan fitur yang dimiliki OmniSwitch.

Sekarang buka aplikasi OmniSwitch kemudian aktifkan dengan menggeser bagian Enable menjadi berwarna hijau.

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat E

Sekarang sesuaikan pilihan yang ada termasuk mengubah transparasi, memiliki paket ikon, menyusun ulang atau menambahkan tombol, memilih untuk menampilkan penggunaan memori atau tidak.

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat F

Salah satu opsi penting yang perlu Anda sesuaikan adalah bagian Configure drag handle. Anda dapat menyesuaikan ukuran serta posisi dari daerah pemicu yang akan digunakan untuk meluncurkan OmniSwitch.

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat G

Dari sana, jika Anda tekan pada opsi Color Anda dapat membuatnya menjadi transparan dengan menggeser slider untuk membuat area pemicu OmniSwitch menjadi tak terlihat.

Cara Instal Omniswitch Di Android Nougat H

Dapatkan Pengalaman Multitasking yang Lebih Baik

Setelah Anda mengatur dan menyesuaikan semuanya, sekarang saatnya menggunakan OmniSwtich untuk mendapatkan pengalaman multitasking yang lebih baik.

Untuk meluncurkan OmniSwtich, cukup gesek layar dari bagian sisi, maka Anda akan melihat UI multitasking dari OmniSwtich.

Dari sini Anda dapat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mudah, atau menggesek entri tertentu untuk menutupnya.

Perbaiki “Restricted Mode”

Di langkah 3, ketika Anda mengaktifkan OmniSwitch dengan menekan bagian Enable maka biasanya akan muncul pesan OmniSwitch Restricted Mode.

Untuk mengatasi masalah ini Anda perlu aplikasi Lucky Patcher. Download di sini kemudian buka aplikasinya dan berikan akses Superuser ketika diminta.

Selanjunya, masuk ke tab Toolbox di bagian bawah layar dan pilih Patch to Android. Dari sini, centang kotak di samping Disable signature verification in the package manager kemudian tekan Apply.

Ponsel Anda akan reboot secara otomatis. Ketika ponsel hidup kembali, OmniSwitch tidak akan lagi berjalan dalam mode terbatas.

Sumber gambar: gadgethacks.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments