Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word

Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word

Jika Anda sedang mengerjakan pekerjaan kolaboratif atau sering berurusan dengan revisi pekerjaan di Microsoft Word, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara melacak setiap perubahan pada dokumen Word Anda.

Di Microsoft Word, kemampuan untuk membandingkan dokumen yang satu dengan yang lain sudah tertanam dalam fitur bernama Compare. Berikut cara menggunakannya:

  1. Pertama, buka program Microsoft Word. Klik tab Review di bagian atas lalu klik menu Compare dan pilih opsi Compare.
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 1
  2. Akan muncul jendela baru, pilih dokumen yang ingin Anda bandingkan. Pada bagian Original document, pilih dokumen asli atau sebelum ada perubahan, dan pada bagian Revised document pilih dokumen yang memuat perubahan di dalamnya.
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 2
  3. Pada bagian Label changes with, Anda dapat membuat semacam catatan untuk membantu Anda melacak perbedaan antara dokumen. Dalam contoh di atas, kolom label diisi dengan kata “Later”.
  4. Klik tombol More untuk melihat opsi lanjutan. Sebagian besar opsi yang tersedia sudah cukup jelas peruntukkannya dan secara default semuanya diaktifkan. Bagian Show changes at merupakan opsi untuk menunjukkan perubahan pada level karakter atau kata.
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 3
  5. Jika sudah diatur, klik tombol OK dan akan terbuka beberapa panel yang terlihat rumit tapi sebetulnya tidak, cukup mudah untuk dipahami. Di panel paling kiri, Anda memiliki daftar terperinci untuk setiap perubahan yang ada. Bagian yang ditandai merah di panel tengah menunjukkan perubahan dan panel ganda di sebelah kanan menunjukkan dokumen asli serta dokumen revisi.
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 4
  6. Pada tab Revisions, Anda dapat melihat setiap perubahan yang ada seperti teks apa yang ditambahkan dan teks apa yang dihapus. Jika Anda klik salah satu entri di panel ini, Anda akan diarahkan ke posisi relevan dari teks tersebut di dokumen revisi.
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 5
  7. Setelah Anda menemukan posisi relevan dari sebuah teks, klik kanan pada teks tersebut dan Anda dapat memilih untuk menerima perubahan (Accept Insertion) atau menolak perubahan (Reject Insertion).
    Cara Menggunakan Fitur Compare Microsoft Word 6

Setelah selesai membandingkan dan mungkin Anda melakukan beberapa perubahan di dalamnya, Anda dapat menyimpan hasilnya sebagai dokumen/file terpisah sehingga file asli ataupun file revisi dalam hal ini tidak terpengaruh.

Cukup klik File > Save as dan menyimpannya seperti Anda menyimpan dokumen Word lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa fitur Compare ini tidak dapat digunakan untuk membandingkan dokumen yang dilindungi dengan password.

Image credit: howtogeek.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments