Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi di macOS

Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac

Di macOS, memang mudah melakukan penyesuaian atau kutomisasi tapi tahukah Anda bagaimana cara mengubah ikon aplikasi tanpa bantuan software pihak ketiga? Caranya sangat mudah, yang Anda butuhkan hanya gambar berformat PNG.

Cara Ubah Ikon Aplikasi di macOS tanpa Bantuan Software

Sebelumnya mungkin Anda berpikir bawah untuk mengubah ikon sebuah aplikasi di macOS Anda harus merancang terlebih dahulu ikon yang akan digunakan. Jika memang Anda pandai merancang gambar silakan saja, tetapi pada dasarnya Anda pun dapat menggunakan gambar yang sudah ada.

Ada banyak situs online yang menawarkan konten ikon secara gratis. Ada dua yang menurut saya cukup lengkap:

Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan Iconfinder. Jadi, silakan ikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di bawah ini:

  1. Buka browser di perangkat Mac Anda lalu buka situs Iconfinder.
  2. Gunakan kotak pencarian untuk mempermudah Anda menemukan ikon yang dicari. Jangan lupa untuk menerapkan filter pada hasil pencarian berdasarkan lisensi. Ini untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar hak cipta dalam penggunaannya.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 1
  3. Setelah menemukan ikon yang Anda cari, silakan download dalam format PNG. Dalam contoh kali ini, saya memilih ukuran 512 x 512 piksel.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 2
  4. Sekarang buka ikon yang Anda download tadi. Tekan command + A untuk memilih/menyeleksi lalu tekan command + C untuk menyalinnya.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 3
  5. Buka Finder dan masuk ke folder Applications. Di sini, pilih aplikasi yang ingin Anda ganti ikonnya. Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Get Info. Anda juga dapat menggunakan tombol command + I untuk membuka inspector.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 4
  6. Selanjutnya, klik ikon aplikasi tersebut di inspector.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 5
  7. Cukup tekan command + V untuk mem-paste kan ikon yang Anda salin tadi. Jika berhasil, ikon aplikasi Anda sekarang akan berubah.
    Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 6

Catatan: Meskipun cara ini akan langsung mengubah ikon aplikasi, tapi jika sebelumnya Anda telah menambahkan aplikasi tersebut ke Dock maka Anda perlu menambahkannya kembali agar ikon aplikasi di Dock juga ikut berubah.

Cara Mudah Ubah Ikon Aplikasi Di Mac 7

Image credit: beebom.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments