Cara Root Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge

Dua seri flagship dari Samsung ini memang sudah cukup lama dirilis yaitu pada tahun 2016 dan sekarang kita sudah mau memasuki tahun 2018. Namun saya yakin hingga saat ini banyak dari kita yang masih setia menggunakannya.

Tahukah Anda, bahwa tak lama setelah dirilis metode rooting untuk perangkat Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge sudah tersedia? Ini menandakan bahwa para developer aplikasi pun, termasuk aplikasi root sudah mempersiapkan semuanya jauh sebelum perangkat ini dirilis.

Dan untungnya, sebagian besar metode rooting yang tersedia cukup mudah untuk diikuti. Salah satunya yang akan saya jelaskan di sini.

Penting! Sebelum Kita Mulai

Utilitas atau tool yang akan kita gunakan kali ini mengharuskan bootloader perangkat Anda sudah dalam keadaan unlocked. Perlu diketahui bahwa untuk sebagian besar produsen smartphone, membuka bootloader berarti membatalkan garansi ponsel Anda.

Jika Anda sudah siap dengan hal-hal semacam ini, Anda bisa mengikuti panduan yang saya tulis mengenai cara membuka bootloader perangkat Android di bawah ini:

[pg_posts id=”6188″ posts_per_page=”1″]

Selain itu, proses rooting ini pun akan memicu KNOX di ponsel Galaxy S7 & S7 Edge Anda. KNOX adalah sistem keamanan dari Samsung untuk perangkat mobile yang mereka produksi, salah satunya seri S7 ini.

KNOX ini menjadi salah satu cara bagi Samsung untuk mendeteksi aktivitas yang mereka anggap ilegal yang bisa saja membatalkan garansi ponsel, termasuk rooting.

Dengan me-rooting perangkat Galaxy S7 atau S7 Edge, Anda tidak bisa lagi menggunakan fitur Samsung Pay (ini mungkin untuk alasan keamanan). Jadi, silakan pertimbangkan dengan baik sebelum masuk ke tutorial.

Satu lagi, metode rooting yang akan dijelaskan kali ini tidak akan bekerja pada Galaxy S7 dan S7 Edge US version, yaitu yang menggunakan prosesor snapdragon 820.

Baik, kita langsung saja masuk ke tutorial.

Langkah 1: Aktifkan OEM Unlock

Untuk mengaktifkan OEM Unlock, sebelumnya Anda perlu mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Anda (jika belum). Caranya, buka menu Settings » About Phone lalu gulir ke bawah dan tekan kurang lebih sebanyak 7 kali pada bagian Build number.

Ketika opsi pengembang diaktifkan maka akan muncul menu baru bernama Developer Options, silakan buka menu tersebut. Anda akan menemukan bagian OEM unlock, aktifkan bagian tersebut dengan menggeser toggle di sebelah kanan menjadi ON.

Langkah 2: Booting ke Mode Download lalu Koneksikan Ponsel dengan Komputer

Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge 3

Untuk booting ke mode download, Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power + Home + Volume Down. Di mode download gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menavigasikan menu.

Setelah itu, koneksikan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah 3: Download Samsung USB Drivers

Di komputer Anda, kunjungi halaman ini lalu download USB drivers untuk perangkat Samsung. Gunakan versi terbaru saja kemudian instal drivers tersebut di komputer Anda.

Langkah 4: Download dan Ekstrak File CF Auto Root & Odin

Berikutnya, Anda perlu men-download file Zip dari CF Auto Root yang merupakan tool utama dalam tutorial kali ini. Silakan kunjungi tautan di bawah ini:

Kemudian ekstrak file Zip yang sudah Anda download, simpan di folder yang mudah diakses. Selain CF Auto Root, Anda pun memerlukan tool lain yaitu Odin. Kunjungi halaman di bawah ini dan download versi terbaru dari Odin:

[pg_posts id=”5521″ posts_per_page=”1″]

Langkah 5: Jalankan Odin

Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge 4

Klik kanan pada file Odin yang Anda download tadi lalu pilih Run as administrator. Penting, karena utilitas root ini tidak akan berfungsi dengan baik tanpa hak administrator.

Langkah 6: Siap Melakukan Rooting!

Dari jendela utama Odin, klik tombol AP dan pilih file tar.md5 yang Anda ekstrak dari file Zip CF Auto Root tadi.

Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge 5

Tunggu beberapa saat hingga muncul log di sebelah kiri bertuliskan Leave CS lalu tekan tombol Start untuk memulai proses rooting. Tunggu hingga proses ini selesai dan perangkat Anda akan me-restart sendiri.

Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge 6

Langkah 7: Verifikasi Status Root

Setelah perangkat nyala kembali, Anda perlu memeriksa status root perangkat Anda menggunakan aplikasi bernama Root Checker.

Root Checker
Root Checker
Developer: joeykrim
Price: Free

Buka aplikasi Root Checker lalu tekan Verify Root Status. Tekan GRANT untuk memberikan hak akses sebagai Superuser pada aplikasi. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat pesan Congratulations! Root access is properly installed on this device!.

Image credit: gadgethacks.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments