Cara Mengembalikan File yang Telah Dihapus di Komputer

Cara Mengembalikan FIle yang Telah Dihapus di Komputer

PUGAM.com – Artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengembalikan file yang telah dihapus di komputer menggunakan software bernama Recuva. Mungkin Anda pernah mengalami ketika Anda tidak sengaja menghapus file penting di komputer Anda.

File yang telah Anda hapus tersebut masih bisa Anda kembalikan namun tergantung pada beberapa kondisi. Artinya, cara ini tidak memberikan jaminan bahwa file tersebut akan kembali, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Recuva sendiri adalah software yang dikembangkan oleh Piriform, perusahaan yang juga mengembangkan software CCleaner dan Defraggler. Recuva adalah software gratis dan bisa Anda donwload di halaman ini.

Silakan download terlebih dahulu kemudian instal di komputer Anda. Perlu saya ingatkan bahwa ketika proses instalasi, software ini menawarkan paket tambahan yaitu berupa Toolbar Yahoo untuk browser. Jika Anda tidak ingin menginstalnya, jangan dicentang kotak paling bawah.

Cara Mengembalikan FIle yang Telah Dihapus di Komputer

Kemudian selesaikan proses instalasi dengan benar.

Jika sudah terinstal, jalankan programnya kemudian mulailah proses scanning (pemindaian). Tunggu beberapa saat hingga Recuva selesai memindai sistem Anda untuk menemukan file yang telah dihapus sebelumnya.

Cara Mengembalikan FIle yang Telah Dihapus di Komputer

Ketika proses scanning selesai, Recuva akan menampilkan daftar file yang sebelumnya telah dihapus disertai dengan tanda warna merah, hijau, dan kuning. Ini menunjukkan seberapa besar kemungkinan file tersebut bisa dikembalikan tanpa ada kerusakan apapun.

Warna hijau berarti file tersebut dapat dikembalikan tanpa ada cacat sedangkan warna kuning dan merah memiliki arti proses pemulihan cukup berisiko, di mana Anda belum tentu mendapatkan kembali file tersebut secara utuh.

Cara Mengembalikan FIle yang Telah Dihapus di Komputer

Sekarang kita beralih ke menu Pengaturan atau Options. Pada tab Actions, ada satu fitur yang cukup menarik yaitu Deep Scan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan proses pemindaian file secara mendalam dan menyeluruh, namun dengan waktu pemindaian yang lebih lama.

Fitur Deep Scan mampu ‘menggali’ lebih dalam dan menemukan file yang telah dihapus bahkan jika file tersebut telah benar-benar Anda hapus dari recycle bin. Praktik terbaik dalam menggunakan software seperti Recuva ini adalah dengan menjalankannya sesaat setelah Anda menyadari ada file yang telah dihapus dan perlu Anda kembalikan.

Jika terdapat jeda (jarak) yang terlalu lama antara waktu file tersebut dihapus dengan waktu pengembalian maka efektifitas software seperti ini tidak bisa lagi diharapkan.

Cara Mengembalikan FIle yang Telah Dihapus di Komputer

Gambar: howtogeek.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
1 Comment
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
sunaryo
sunaryo
5 tahun yang lalu

tak bisa mendowload bos.?