16 FTP Client Alternatif selain FileZilla

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla

PUGAM.com – Bagi Anda yang kini aktif mengelola dan mengembangkan sebuah website, termasuk juga blog, tentu Anda sudah tahu apa itu FTP Client dan apa fungsinya. Bagi yang belum tahu, Anda bisa membaca pengertian singkat apa itu FTP dan apa itu FTP Client di artikel 6 FTP Client Terbaik untuk Pengguna WordPress di Windows dan Mac.

Di artikel tersebut kami juga telah merangkum daftar FTP Client terbaik yang bisa Anda coba, termasuk di dalamnya adalah FileZilla (Salah satu FTP Client yang paling banyak digunakan saat ini).

Jika Anda menginginkan alternatif lain selain FileZilla, kami akan membagikan 16 FTP Client alternatif selain FileZilla yang bisa Anda coba. Langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

1. Viper FTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Viper FTP)

Viper FTP / via topbestalternatives.com

Viper FTP adalah FTP Client yang cukup powerful bagi Anda pengguna Mac OS. Jika Anda menginginkan FTP Client yang memudahkan Anda dalam hal mentransfer file dari dan ke server maka Viper FTP layak Anda coba.

2. WinSCP

WinSCP adalah FTP Client terpopuler selain FileZilla dan sesuai namanya, FTP Client yang satu ini khusus bagi Anda pengguna OS Windows. Fungsi utama dari WinSCP adalah menyediakan tool yang aman digunakan untuk mentransfer file antara komputer dengan server atau sebaliknya.

Selain itu, WinSCP menyediakan fungsi sinkronisasi berkas. Keamanan file sharing sangat terjamin melalui Secure Shell dan juga SFTP.

3. Cyberduck

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Cyberduck)

Cyberduck / via topbestalternatives.com

Cyberduck adalah FTP Client yang telah mendukung atau terintegrasi dengan Amazon S3. Selain fungsi FTP, Cyberduck juga menawarkan proses file sharing yang aman melalui SFTP.

Keunggulan lainnya dari Cyberduck adalah memungkinkan pengguna untuk mengedit file dengan editor yang Anda pilih dan akan membukanya secara otomatis langsung dari antarmuka Cyberduck.

Dalam hal download dan upload file, Cyberduck mendukung fitur drag & drop. Pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan sinkronisasi file serta folder antara komputer dengan server.

4. Total Commander

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Total Commander)

Total Commander / via topbestalternatives.com

Total Commander merupakan open source FTP Client bagi Anda pengguna OS Windows. Salah satu keunggulan Total Commander adalah tersedia dalam berbagai bahasa internasional dan juga dukungan untuk Unicode.

5. CuteFTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (CuteFTP)

CuteFTP / via topbestalternatives.com

Yang satu ini merupakan FTP Client komersial dan tersedia untuk platform Windows dan Mac OS.

6. ForkLift

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (ForkLift)

ForkLift / via topbestalternatives.com

Jangan keliru, ForkLift yang satu ini bukan mesin atau kendaraan untuk mengangkat barang tetapi salah satu FTP Client yang cukup powerful dan juga cepat. Mendukung SFTP, iDisk, SMB, AFP, WebDAV dan telah terintegrasi dengan Amazon S3. ForkLift FTP Client khusus dikembangkan untuk sistem operasi Mac OS X.

7. Transmit

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Transmit)

Transmit / via topbestalternatives.com

Jika pengguna Windows mengenal yang namanya WinSCP maka pengguna Mac OS sudah pasti akan mengenal Transmit. FTP Client ini telah terintegrasi dengan layanan cloud seperti Amazon S3 dan WebDAV. Anda dapat mengelola website Anda dengan mudah menggunakan Transmit.

8. FlashFXP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (FlashFXP)

FlashFXP / via topbestalternatives.com

FlashFXP adalah FTP Client yang sederhana untuk sistem operasi Windows. Terlepas dari fungsi dasar yang meliputi FTP dan SFTP, FlashFXP juga telah mendukung client-server dan server2server transfer.

Karena mekanisme kerjanya yang cukup canggih, Anda dapat mentransfer file pada kecepatan tinggi. FlashFXP juga diyakini cukup aman, SSH File Transfer Protocol dan SSL/TLS memungkinkan pengguna untuk melindungi data mereka menggunakan password.

9. FireFTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (FireFTP)

FireFTP / via topbestalternatives.com

Yang satu ini merupakan freeware dan juga FTP Client dengan kode sumber terbuka untuk Mozilla Firefox dan Google Chrome. Berbeda dengan yang lain, FireFTP sebetulnya adalah sebuah add-on untuk Mozilla Firefox dan juga Google Chrome.

Add-on yang satu ini mendukung banyak fungsi seperti FTP, FTPS dan juga SFTP. FireFTP dapat berjalan di semua platform yang mendukung penggunaan kedua browser tersebut.

10. FTP Rush

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (FTP Rush)

FTP Rush / via topbestalternatives.com

FTP Rush adalah salah satu FTP Client gratis yang paling powerful. Memungkinkan pengguna untuk dapat men-download dan meng-upload file dari komputer ke server atau sebaliknya dengan sangat cepat.

11. Fugu

FTP Client Fugu memungkinkan pengguna untuk dapat mengirimkan serta menerima file dengan aman melalui SFTP. Fugu juga mendukung SCP file transfer serta fitur drag & drop untuk mengirim dan menerima file dari komputer ke server atau sebaliknya.

Fitur lainnya meliputi, external editor, image previews, directory histories, public key authentication, SCP serta kemampuan untuk membuat SSH Tunnels.

12. YummyFTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (YummyFTP)

YummyFTP / via topbestalternatives.com

Yummy FTP adalah Universal FTP Client yang telah mendukung SFTP untuk sistem operasi Mac OS X. Alat yang satu ini terkenal karena kecepatan, kehandalan dan juga user-friendly.

13. SmartFTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (SmartFTP)

SmartFTP / via topbestalternatives.com

SmartFTP merupakan FTP Client untuk sistem operasi Windows. Alat yang satu ini memberikan solusi dalam hal mengelola dan mengembangkan sebuah website. Mendukung semua fungsi dasar FTP Cleint termasuk fitur sinkronisasi file.

Untuk versi terbaru dari SmartFTP, banyak fitur baru yang dihadirkan termasuk dukungan untuk Windows 10.

14. Multi Commander

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Multi Commander)

Multi Commander / via topbestalternatives.com

Multi Commander merupakan versi universal dari multi-tabbed file manager system yang sering digunakan oleh para ahli IT sebagai pengganti Windows Explorer standar. Sistem file manager canggih dari Multi Commander memang dirancang khusus untuk para profesional IT.

15. Core FTP

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (Core FTP)

Core FTP / via topbestalternatives.com

Core FTP merupakan FTP Client yang cukup aman untuk sistem operasi Windows. Selain FTP, Core FTP telah mendukung SSL/TLS, SFTP melalui SSH dan juga HTTP/HTTPS.

16. FTPDrive

16 FTP Client Alternatif Selain FileZilla, (FTPDrive)

FTPDrive / via topbestalternatives.com

Yang satu ini adalah FTP Client gratis yang cukup canggih. Memungkinan Anda untuk membuat virtual drive yang nantinya terhubung dengan server melalui konfigurasi FTP.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments