6 FTP Client Terbaik untuk Pengguna WordPress di Windows dan Mac

6 FTP Client Terbaik untuk Pengguna WordPress di Windows dan Mac

6 FTP Client Terbaik untuk Pengguna WordPress di Windows dan Mac / via wpbeginner.com

PUGAM.com – Apakah Anda pengguna WordPress? Atau pemilik/pengelola sebuah blog yang menggunakan WordPress sebagai CMS-nya? Sudah tau dong apa itu FTP? Salah satu FTP Client yang cukup populer adalah FileZilla, tetapi diluar itu masih banyak FTP Client yang bisa Anda coba.

Artikel kali ini akan menghadirkan 6 FTP Client terbaik khususnya bagi Anda pengguna WordPress baik itu yang menggunakan perangkat Windows maupun Mac.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan FTP Client yang paling cocok bagi Anda, dapat diandalkan, aman dan yang paling penting mudah digunakan dalam hal mengedit serta meng-upload file WordPress Anda ke server.

Apa itu FTP Client? Mengapa Anda Memerlukannya?

Secara sederhana, FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol internet yang memungkinkan Anda untuk meng-upload file/berkas dari komputer ke server, atau sebaliknya yakni men-download file/berkas dari server ke komputer Anda.

Untuk dapat menggunakan FTP ini Anda memerlukan yang namanya FTP Client, yaitu sebuah tool atau software yang dapat menghubungkan komputer Anda dengan server/hosting melalui jaringan internet, salah satu yang paling populer dan telah kami sebutkan di atas adalah FileZilla.

Anda sebetulnya tidak diwajibkan menginstal FTP hanya untuk dapat menggunakan WordPress. Namun, sebuah FTP Client akan sangat membantu Anda ketika misalnya Anda perlu mengedit file WordPress sedangkan Anda tidak dapat mengakses halaman admin.

Mengenai cara penggunaannya bisa Anda temukan di Google, kita langsung saja masuk ke dalam daftarnya.

6 FTP Client Terbaik Bagi Pengguna WordPress di Windows/Mac

Beberapa diantaranya berbayar, tetapi yang gratis tetap tersedia untuk platform dan sistem operasi yang berbeda. Masing-masing dari FTP Client hadir dengan antarmuka yang akan membuat kita mudah dalam menggunakannya.

1. WinSCP

6 FTP Client Terbaik, WinSCP

Platform: Windows

Harga: Gratis

WinSCP merupakan salah satu FTP Client yang paling powerful dan juga mudah digunakan. Sesuai namanya, FTP Client yang satu ini khusus bagi Anda pengguna Windows.

Di panel sebelah kiri WinSCP akan ditampilkan daftar file di komputer Anda sedangkan panel sebelah kanan untuk menampilkan file yang ada di server. Cukup klik pada file yang dimaksud untuk dapat men-download, upload atau mengeditnya.

Selain FTP, WinSCP juga mendukung SFTP (Secure File Transfer Protocol), SSH dan masih banyak lagi fitur lainnya.

2. Cyberduck

6 FTP Client Terbaik, Cyberduck

Platform: Windows, Mac

Harga: Gratis

Cyberduck adalah FTP Client yang sangat mudah digunakan, cocok untuk pemula ataupun pengguna tingkat lanjut. FTP Client yang satu ini tersedia di kedua platform, Windows dan Mac.

3. Transmit

6 FTP Client Terbaik, Transmit

Platform: Mac

Harga: Gratis, versi berbayar seharga US$34

Transmit adalah FTP Client yang paling populer untuk perangkat Mac, khususnya di kalangan para pengembang web. FTP Client yang satu ini hadir dengan satu set fitur yang sangat powerful, salah satunya adalah folder syncing.

Selain FTP, Transmit juga mendukung SSH, SFTP, FTPs dan juga telah dilengkapi dengan code editor sehingga Anda dapat mengedit berkas kode dengan sangat cepat.

4. Free FTP

6 FTP Client Terbaik, Free FTP

Platform: Windows

Harga: Gratis, versi berbayar seharga US$39

Free FTP adalah salah satu FTP Client paling populer di kalangan pengguna Windows. Yang satu ini sangat ramah bagi pemula dan cukup mudah digunakan. Selain FTP, Free FTP juga telah mendukung SFTP, FTPS dan akan terintegrasi dengan baik ke dalam sistem operasi komputer Anda.

Versi berbayar untuk tool yang satu ini hadir dengan lebih banyak fitur, termasuk code editor, autocompletion dan image viewer.

5. FileZilla

6 FTP Client Terbaik, FileZilla

Platform: Windows, Mac, Linux

Harga: Gratis

FileZilla adalah pemain utama dalam hal FTP Client. Ini adalah salah satu FTP Client paling populer baik itu bagi pengguna Windows, Mac atau bahkan Linux.

Dibandingkan yang lain, FileZilla memang yang paling mudah digunakan namun kenapa kali ini kami menempatkannya di posisi kelima karena ada pengguna Windows yang melaporkan bahwa telah ditemukan adware atau spyware yang dikemas ke dalam paket instalasi FileZilla.

6. WS_FTP Profesional

6 FTP Client Terbaik, WSFTPP

Platform: Windows

Harga: Mulai dari US$410.03

Berbeda dengan kelima FTP Client di atas, WS_FTP Profesional adalah FTP Client komersial yang juga cukup populer di kalangan pengguna Windows. Salah satu keunggulannya adalah WS-FTP Profesional menawarkan keamanan kelas enterprise dengan SSH dan kunci 256-bit AES.

Anda juga dapat menjadwalkan proses transfer, mendukung fitur drag and drop untuk memulai proses transfer dan yang paling penting adalah kecepatan transfer yang diklaim lebih cepat dibandingkan FTP Client yang lain.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments