Mengungkap Fenomena “Pohon Berjalan” di Ekuador

Mengungkap Fenomena Pohon Berjalan di Ekuador

PUGAM.com – Sulit untuk dipercaya dan terdengar seperti dalam sebuah film fiksi, tapi spesies pohon di wilayah terpencil di Ekuador ini kabarnya benar-benar dapat ‘berjalan’ sejauh 20 meter setiap tahunnya.

Pohon tersebut nyata dan merupakan spesies dari pohon palem yakni Socratea exorrhiza, yang dapat menumbuhkan akar baru untuk memulai ‘gerakan’.

Bukan hanya gerakan biasa, pohon-pohon ini bahkan dapat melakukan perjalanan sekitar 20 meter per tahun, menurut laporan Karl Gruber dari BBC.

Lebih jelas mengenai laporan dari Karl Gruber yang diterbitkan pada 16 Desember 2015 di BBC, mengklaim bahwa pohon-pohon tersebut ‘berjalan’ dengan cara menumbuhkan akar baru dan mereka akan ‘berjalan’ dengan sangat lambat di dalam hutan.

Namun menurut sebuah makalah tahun 2005 oleh ahli biologi Gerardo Avalos, pohon-pohon yang menghasilkan akar baru tetap akan tertanam kuat di satu tempat. Hanya karena tumbuh akar baru, tidak berarti mereka menggunakannya untuk bergerak apalagi ‘berjalan’.

“Makalah saya membuktikan bahwa cerita tentang pohon palem yang berjalan hanyalah mitos,” ujar Avalos kepada Benjamin Radford dari Live Science.

“Berpikir bahwa pohon palem benar-benar dapat melacak sinar matahari dengan cara bergerak perlahan di lantai hutan adalah mitos dan lelucon dari para pemandu wisata ketika memberitahu pengunjung hutan,” tambahnya.

Tidak seperti pohon lain dengan akar yang sepenuhnya tertanam di bawah tanah, pohon-pohon palem ‘berjalan’ ini pun memiliki sistem akar yang lebih tinggi. Ini membuat pohon-pohon tersebut tampak seperti sebuah sapu dan tidak terlihat seperti pohon pada umumnya.

Seiring waktu, ketika sebagian tanah terkikis, beberapa akar akan mati dan membentuk akar baru.

Sementara pernyataan dari Avalos telah mengecewakan orang-orang yang terlanjur percaya bahwa pohon memiliki mobilitas untuk berjalan mencari cahaya yang sesuai bagi mereka, sebetulnya ada banyak tanaman yang benar-benar melakukan hal itu, bukan berjalan tapi bergerak.

Misalnya tanaman karnivora pemakan serangga kecil, mereka benar-benar dapat bergerak dan mengunyah mangsanya, atau tanaman Mimosa pubica (putri malu) yang dikenal sebagai tanaman sensitf yang akan menguncup ketika disentuh.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments