Pecahkan Persamaan Matematika Berusia 300 Tahun, Profesor Oxford Raih Penghargaan

Pecahkan Persamaan Matematika Berusia 300 Tahun

PUGAM.com – Pada tahun 1994, profesor Oxford bernama Andrew Wiles berhasil memecahkan persamaan matematika yang sebelumnya tak terpecahkan selama 300 tahun. tahun lalu, ia menerima penghargaan Abel Prize 2016 serta uang tunai sebesar US$700.000.

Abel Prize adalah Nobel khusus untuk bidang matematika, diberikan kepada Andrew Wiles oleh The Norwegian Academy of Science and Letters melalui sebuah upacara penghargaan resmi.

Persamaan matematika yang kemudian dikenal sebagai “Fermat’s Last Theorem” (Teorema Terakhir Fermat) ini sukses membuat bingung para pakar matematika di seluruh dunia selama berabad-abad.

Persamaan tersebut berbunyi:

Fermat’s Last Theoremxn + yn = zn, di mana n lebih besar dari 2, pertama kali diajukan oleh matematikawan asal Perancis, Pierre de Fermat tahun 1637.

 

 


“Wiles adalah salah satu dari matematikawan yang jumlahnya sangat sedikit, atau mungkin dialah satu-satunya yang berhasil memecahkan teorema Fermat dan menjadi berita utama internasional,”
kata Komite Abel.

Wiles (62) pertama kali merasa terpesona oleh teorema tersebut saat berusia 10 tahun. Dia tumbuh di Cambridge, Inggris dan mendapatkan salinan Teorema Terakhir Fermat di perpustakaan setempat.

“Sejak saat itu saya tahu bahwa saya tidak akan membiarkannya pergi dan saya harus menyelesaikannya,” ujar Wiles.

Ia menghabisakan 7 tahun bekerja secara intensif untuk menyelesaikan persamaan secara rahasia di Princeton University.

Wiles akhirnya memecahkan persamaan pada tahun 1994 dengan menggabungkan tiga bidang matematika kompleks dalam bentuk modular, kurva eliptik, dan representasi Galois.

Pecahkan Persamaan Matematika Berusia 300 Tahun

“Saya sangat beruntung bahwa tidak hanya saya memecahkan masalah, tapi saya membuka pintu bagi era baru di bidang saya,” ujar Wiles.

“Masalah yang sebelumnya tampak tidak dapat diakses, sekarang menjadi terbuka,” lanjutnya.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=rSowRw_BW50″ autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments