Kisah Inspiratif Mike Begum, Gamer Profesional Penyandang Disabilitas

Mike Begum, Gamer Profesional Penyandang Disabilitas

Mike Begum

PUGAM.com – Mike Begum adalah seorang gamer profesional penyandang disabilitas dari Texas. Di panggung kompetisi game profesional ia biasa dijuluki “BrolyLegs”.

Dalam berkompetisi, Begum hampir tidak pernah menggunakan tangan atau anggota tubuh lainnya selain mulut dan wajahnya, namun ia tetap mampu bersaing secara profesional dengan orang-orang normal.

Pria berusia 24 tahun ini terlahir dengan penyakit arthrogryposis, penyakit langka yang mengganggu pertumbuhan otot-ototnya, mempengaruhi anggota tubuh lainnya dan akhirnya mengubah struktur tulangnya. Selama ini, ia bergerak di atas tempat tidur bermotor yang dirancang oleh ayahnya sendiri.

Meskipun memiliki keterbatasan dalam menggunakan tangan dan kakinya, Begum telah lama berkembang dalam dunia video game dan namanya cukup diperhitungkan. Ia mengendalikan controller game menggunakan pipinya dan menekan tombol pada controller menggunakan lidahnya.

Awal Mula Bermain Game

Awal ketertarikannya terhadap video game adalah ketika ia mencoba permainan Nintendo bergenre fighting, Super Smash Bros bahkan ia mempunyai karakter favorit dalam permainan itu seperti Mario dan Donkey Kong.

Begum mengatakan, butuh waktu 3 tahun untuk berlatih sebelum dirinya merasa benar-benar siap masuk ke dalam turnamen. Pada awalnya, Begum selalu dikalahkan oleh lawan-lawannya.

“Kemudian mereka akan melihat saya benar-benar bermain sampai berkata ‘Apa, bagaimana orang ini bermain?'” pungkasnya, “Saya tidak berpikir orang-orang akan meremehkan saya lagi”.

Adam Jewel (JewelMan), yang pernah berhadapan dengan Begum sejak tahun 2009 mengingat betul ketika itu permainan mereka mengundang kerumunan orang yang ingin menyaksikan Begum bermain.

“Itu adalah hal yang menakjubkan bagi saya bahwa orang ini (Begum) dengan semua keterbatasannya tidak hanya sekedar bisa bermian game, tapi ia berada pada tinggkatan yang lebih tinggi dan cocok menyandang status master,” ungkap Jewel.

Turnamen Besar

Kisah Inspiratif Mike Begum, Gamer Profesional Penyandang Disabilitas

Mike Begum dalam sebuah kompetisi video game

Pada tahun 2012, sebuah turnamen yang cukup besar bernama “Texas Showdown” diadakan di daerah Houston, menampilkan para gamers profesional dari California. Ini merupakan kiblat game yang kompetitif dan memberi Begum kesempatan untuk menguji kemampuannya melawan kelas berat!

James Chen yang pada saat itu bertugas sebagai komentator dan juga analis pertandingan dalam turnamen tersebut mengungkapkan bahwa Begum mampu masuk ke delapan besar untuk game “Street Fighter 4” dan “Street Fighter X Tekken”.

“Saya bermain game untuk bersaing, untuk bermain dan untuk melakukan yang terbaik,” ungkap Begum, “dan itulah yang saya lakukan.”

Ketika permainan usai, Begum kembali menjalani rutinitas sehari-harinya yang masih bergantung pada ibu dan saudara-saudaranya dalam beberapa hal seperti mandi atau berpakaian.

“Kami di komunitas disabilitas tidak memiliki banyak hal yang bisa dilakukan. Tapi ketika kami menemukan keahlian dalam satu bidang, kami harus kejar dan perdalam itu,” pungkasnya.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=s1MYSgy4QMw” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments