Genworth R70i Aging Experience, Alat Simulasi Jadi Orang Tua

Genworth R70i Aging Experience, Alat Simulasi Jadi Orang Tua

PUGAM.com – Genworth R70i Aging Experience pada dasarnya diciptakan untuk meningkatkan rasa empati, memungkinkan pengguna merasakan berbagai perubahaan fisik terkait penuaan.

Dengan kata lain, pengguna dapat merasakan perjuangan orang tua usia di atas 70 tahun dalam hal berjalan, melihat, mendengar dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Genworth R70i Age Suit sendiri berupa exoskeleton yang dikombinasikan dengan teknologi virtual reality, dirancang oleh Applied Minds, LLC.

Alat ini dipamerkan dalam ajang CES beberapa waktu lalu dan berhasil mengundang beberapa orang, sebagian besar adalah anak muda untuk memberikan mereka pengalaman seperti apa rasanya jadi orang lanjut usia.

Genworth R70i Aging Experience juga sempat dipamerkan di Science Center Liberty di New Jersey dan seorang pemuda bersedia menceritakan apa yang ia rasakan setelah mencoba alat ini.

Tiga tahun yang lalu, neneknya yang berusia 91 tahun menghabiskan beberapa hari pada bulan Mei untuk menghadiri acara kelulusannya. Sang nenek berjalan sejauh lima blok dari Radio City Music Hall menuju apartemennya di tengah kota.

Setelah mencoba teknologi Genworth R70i Aging Experience, ia baru menyadari betapa berat perjuangan orang lanjut usia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Dia kemudian bertemu dengan Bran Ferren, co-founder perusahaan yang merancang teknologi ini dan Ferren mulai memakaikan helm padanya. Helm khusus disertai dengan kacamata vurtual reality dari Oculus Rift.

Pandangannya tiba-tiba menjadi berawan (buram) dan ujung-ujungnya menjadi berwarna abu-abu.

Selanjutnya, Ferren memberinya macular degeneration yang mengakibatkan kekeruhan pada pandangan dan spot abu-abu yang sebelumnya berada di tengah kini mulai meluas.

Genworth R70i Aging Experience, Alat Simulasi Jadi Orang Tua

Berikutnya, Ferren membuat telinganya berdengung dan mencoba berbicara kepada penonton yang hadir menyaksikan peragaan dengan suara yang cukup keras hampir memekakkan telinga.

Apa yang dirasakannya saat itu adalah persis apa yang biasa dirasakan oleh orang lanjut usia. Dia mengatakan kepada penonton jika keadaan hidupnya benar-benar seperti itu, ia tidak akan pernah meninggalkan rumah.

Kemudian Ferren mengeluarkan fitur inti yaitu membuat pengguna kesulitan berbicara dan mengalami sedikit cacat fisik.

Tes akhir adalah berjalan-jalan di pantai secara virtual. Dia langsung merasakan efeknya bahwa exoskeleton yang ia kenakan membuatnya sulit untuk berjalan dan hanya beberapa langkah saja, monitor telah menunjukkan bahwa detak jantungnya meningkat jadi 130 denyut/menit.

Genworth R70i Aging Experience, Alat Simulasi Jadi Orang Tua

Dia berkeringat hanya untuk beberapa langkah saja dan Ferren mengatakan bahwa dia hanya pergi sejauh lima blok di kota.

Dia mengatakan, Genworth R70i Aging Experience bukanlah replikasi yang sempurna namun alat ini telah memberikan pengalaman mendalam terkait masalah penuaan. Dengan adanya alat ini, diharapkan orang-orang mulai peduli terhadap masalah penuaan.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=mSiyFZl1dKI” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments