7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Eddie Van Halen / via wennermedia.com

PUGAM.com – Bakat artistik dan kecintaan terhadap sesuatu yang ilmiah adalah 2 hal yang berbeda, oleh karena itu biasanya orang harus memilih salah satu di antara keduanya. Namun banyak orang yang tidak tahu bahwa beberapa tokoh penemu besar memiliki bakat artistik yang juga luar biasa.

Benjamin Farnklin misalnya, ia terkenal berkat penemuannya di bidang listrik, oseanografi dan demografi, tapi sedikit yang tahu bahwa ia juga seorang composer music yang sering bermain harpa, gitar dan biola.

Artikel kali ini pun akan membahas tentang beberapa penemuan yang justru berasal dari para selebriti yang mempunya bakat artistik.

7. Musisi Edie Van Halen

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: Edward Van Halen

Legenda rock Edie Van Halen mewarisi bakat kreatif dari ayahnya. Sang ayah sering bermain clarinet dan saxophone dalam sebuah grup band. Pada saat itu, sang ayah merasa kesulitan memainkan alat musik tiupnya karena ia mulai kehilangan gigi bagian bawah. Selanjutnya yang dilakukan sang ayah adalah membuat prosthesis dari bahan Teflon putih yang digunakan untuk mengisi celah gigi di mulutnya.

Seperti ayahnya, Ketika Edie menemui sebuah masalah ia selalu menghadapi dan menyelesaikannya sendiri. Bahkan untuk mendapatkan suara yang diinginkan, ia mengubah/memodifikasi gitar atau membuatnya dari awal. Ketika ia menemukan leher gitar yang ia gunakan terlalu tebal maka dengan kreatifitasnya ia menggunakan amplas untuk memperbaikinya.

Ketika gitar berlapis pernis membuatnya licin sehingga tidak nyaman bagi jarinya, maka ia membuat sebuah gitar dari kayu alami. Ketika bar senar dirasanya tidak akan selalu pada nada yang tetap maka ia merancang sendiri nut untuk mengatur ketegangan dari senar-senarnya.

Pada akhirnya, Edie menyadari bahwa ia bisa saja mematenkan ide-idenya. Salah satu karya Edie yang paling terkenal hingga saat ini adalah teknik “two-handed tapping” .

6. “Penarik Ikan” Ciptaan Gary Burghoff

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: Gary Burghoff via USPTO

Gary Burghoff adalah seorang aktor yang berperan sebagai Walter “Radar” O’Reilly dalam film dan serial televise M*A*S*H. Ia memiliki beberapa paten untuk karya penemuannya. Salah satu patennya dikeluarkan pada tahun 1991 yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk mengangkat toilet duduk tanpa harus menggunakan tangan.

Paten lainnya adalah berhubungan dengan memancing. Dalam sebuah wawancara dengan “The News”, Burghoff menjelaskan “Aku telah memancing sejak usiaku 3 tahun, dan aku menyukainya. Aku juga ingin bermain-main dan menemukan hal-hal lain”.

Ia berhasil menemukan (menciptakan) sebuah fishing rod dengan pegangan yang melengkung, alat tersebut membuatnya lebih mudah dalam menarik ikan.

Pada tahun 1990, Burghoff mengajukan paten untuk alat penarik ikan. Penarik ikan yang dimaksud adalah sebuah perangkat mengapung yang datar dan memiliki jaring di bagian bawahnya, memungkinkan kita untuk menjaring ikan dengan mudah.

5. Permainan Membangun Ingatan Ciptaan Mark Twain

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: Public Library of Cincinnati and Hamilton County via Open Culture

Mark Twain (alias Samuel Clemens) bukan hanya seorang penulis klasik yang beberapa karyanya adalah “The Adventures of Tom Sawyer” dan “Adventures of Huckelberru Finn”, Mark juga memiliki 3 paten untuk penemuannya.

Penemuannya yang paling bermanfaat adalah sebuah scrapebook (kertas memo) yang ditumpuk sedemikian rupa. Dia menemukan bahwa banyak lembar memo yang berserakan dan saling terpisah satu sama lain, membuatnya semakin sulit untuk bekerja, lalu ia memutuskan untuk menggunakan sebuah perekat dan menyatukan semua kertas memo tersebut. Ia menjual sebanyak 25.000 eksemplar temuannya pada waktu itu.

Penemuan lainnya yang tidak kalah penting adalah pengait gesper elastis yang dapat menyesuaikan tali gesper saat digunakan. Pada sat itu, benda temuannya ini sering digunakan pada sebuah rompi, kemeja, korset dan celana jenis apapun yang pada dasarnya memerlukan sebuah gesper.

Twin sangat berpengalaman dalam menemukan sesuatu atau menciptakan sebuah benda namun tidak semua temuannya berakhir dengan baik. Ia pernah dibujuk untuk berinvestasi sebesar US$50.000 pada sebuah “Paige Compositor” (mesin cetak otomatis). Namun ternyata hal tersebut terlalu rumit untuk dikembangkan, yang akhirnya perusahaan lain berhasil mengambil alih pasar dan membangkrutkan Twain pada saat itu.

4. “Style Snaps” oleh Melissa George

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=d9hQfNNg4xA” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Anda mungkin mengenal sosok aktris asal Australia yang bernama Melissa George ini. Ia memerankan berbagai macam karakter pada film Grey’s Anatomy, Alias, Lie To Me, The Good Wife dan mini seri The Slap. Pada akhir tahun 2015, ia dijadwalkan untuk membintangi serial NBC “Hearthbreaker”.

Melissa tinggal di New York sejak tahun 2008 yaitu ketika ia menemukan sebuah masalah. Celana mahal Balenciaga yang dibelinya terlalu panjang melebihi tumitnya sehingga ketika ia gunakan untuk berjalan, celana tersebut menyentuh jalanan.

Lalu ia menemukan sebuah solusi dan ia mengatakan “Saya tidak ingin membeli dua pasang celana yang sama hanya karena masalah ini”. Melissa menjelaskan lebih lanjut pada majalah People, “Celana itu mahal dan akan memakan ruang banyak jika ia terus membeli yang baru terutama tinggal di New York, dimana ruang sangat terbatas”.

Inspirasinya tersebut menjadi booming dan dikenal dengan sebutan “My Way Style Snaps”. Benda ini adalah sebuah perekat sederhana yang bisa digunakan untuk mengubah panjang celana tanpa harus menjahit dan menyetrikanya. Ini merupakan solusi cepat dan sederhana bagi siapa saja yang memiliki masalah serupa.

Alat ini pun tak hanya dapat digunakan pada celana panjang tapi juga kemeja dan celana pendek. Dijual dengan harga US$10 dan dalam 10 bulan pertama peluncurannya pada tahun 2012, Melissa berhasil meraup untung sebesar  £15 juta. Pada tahun 2014, ia juga mematenkan sebuah alat yang dinamakan “Portable Cosmetic Organizer”.

3. “Artificial Heart” oleh Paul Winchell

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: Paul Winchell via USPTO

Mungkin tak banyak yang mengenal sosok aktor ini, tapi setidaknya masih banyak orang yang mengingat suaranya. Paul Winchell adalah seorang ventriloquism atau orang yang sering mengisi suara boneka. Ia sempat memiliki acaranya sendiri dan berkembang menjadi aktor pengisi suara dalam film.

Suaranya pernah dimainkan dalam film “Tigger” di akhir tahun 1970-an, dan di akhir taun 1990-an untuk sebuah acara TV “Wninne The Pooh” yang diproduksi oleh Disney. Ia juga mengisi suara Boomer dalam film animasi “The Fox and Hound” (1981) dan Shun Gon di “The Aristocats” (1970).

Paul memiliki lebih dari 30 hak paten, termasuk untuk sebuah sarung tangan penghangat yang bertenaga baterai, pemantik rokok tanpa api, pena dan pisau cukur tak terlihat. Setelah belajar premed di Columbia dan bekerja sama dengan Palang Merah Amerika dan masyarakat Leukemia, ia mematenkan defroster portabel plasma darah, diafragma piezoelektrik dan jantung buatan.

Dr. Robert Jarvik, sering dikatakan sebagai orang pertama yang menemukan jantung buatan pada tahun 1982, pada saat itu jantung buatan tersebut diberi nama “The Jarvik 7”. Tetapi itu bukanlah jantung buatan yang pertama, desainnya sebagian besar didasarkan pada prototipe yang dibuat oleh Paul Winchell.

2. “Lip Balm Dispenser” oleh Charlie Sheen

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: Carlos Irwin Estevez, Rodger D. Thomason via USPTO

Charlie Sheen adalah seorang bintang film yang hit yang pernah bermain dalam film Platoon (1986), Wall Street (1987), Eight Men Out (1988) dan Hot Shots (1991). Charlie sempat bermain dalam sitkom “Two and a Half Men” dan dilaporkan ia menerima bayaran sebesar $1,8 juta per episode yang menjadikannya sebagai aktor termahal di TV pada saat itu.

Sheen mengatakan bahwa inspirasi untuk Lip Balm Dispenser ciptaannya muncul saat ia merasa kesulitan untuk menggunakan lip balm ketika mengemudi. Kemudian ia berpikir untuk membuat alat yang lebih praktis dan mulai mengerjakannya selama berjam-jam.

Pada bulan Juni 1999, ia mengajukan permohonan paten untuk alat temuannya tersebut. Sheen mengatakan “Saya hanya ingin membuat sesuatu yang lebih baik daripada apa yang saya gunakan setiap hari”.

1. “Cardboard Furniture” oleh Frank Gehry

7 Penemuan yang Berasal dari Pemikiran Selebriti Dunia

Photo credit: sailko

Frank Gehry adalah salah satu dari beberapa arsitek dalam sejarah yang juga seorang selebriti. Dia termasuk desainer paling terkenal di abad ke-20. Kreasi ciptaannya yang paling terkenal adalah gedung “Walt Disney Concert Hall” atau Gedung Konser Walt Disney di LA yang sebagian besar materialnya terbuat dari stainless steel.

Di Las Vegas, Gehry mempunyai karya berupa bangunan Pusat Kesehatan bernama “Lou Ruvo Center for Brain Health”, tampak seperti bangunan kertas yang mau runtuh. Masih banyak bangunan-bangunan karyanya yang tampak tak lazim di berbagai kota besar lainnya.

Untuk mempertegas karakternya dalam berkarya, Gehry pernah mematenkan sebuah teknik yang tak biasa dalam membuat kursi, meja serta benda funiture lainnya. Dia menggunakan beberapa lembar karton bergelombang kemudian memotongnya ke dalam bentuk furniture yang diinginkan.

Ia menulis dalam hak patennya, “Furniture yang dibuat dengan teknik ini sangatlah murah namun kuat dan tahan lama. Selain itu, berbagai macam bentuk menarik dan atraktif dapat dibentuk menggunakan teknik ini. Mungkin yang paling penting dari sudut pandang estetika adalah tekstur yang tak biasa dari permukaan yang dibentuk oleh tepi pemotongan lembaran karton/kardus”.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments