Sunway TaihuLight Dinobatkan Sebagai Superkomputer Tercepat di Dunia Kalahkan Tianhe 2

Sunway TaihuLight

Sunway TaihuLight yang dikembangkan oleh China dinobatkan sebagai superkomputer tercepat di dunia, tiga kali lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya, superkomputer Tianhe 2 yang juga dikembangkan oleh China.

PUGAM.com – Dunia kini memiliki superkomputer tercepat baru. Sebuah superkomputer yang dibangun oleh insinyur China dengan menggunakan teknologi chip homegrown buatan mereka sendiri kini dinyatakan sebagai yang tercepat di dunia.

Berita ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat China telah berupaya untuk memimpin dalam bidang industri dan teknologi selama bertahun-tahun. Dalam hal teknologi semikonduktor, China pun tak lagi bergantung pada Amerika Serikat.

Superkomputer yang dikenal sebagai Sunway TaihuLight tersebut memiliki kecepatan kalkulasi lebih dari tiga kali kecepatan Tianhe 2, superkomputer yang juga dikembangkan oleh China. Laporan menyatakan bahwa Sunway TaihuLight sebagai pemegang rekor baru mampu melakukan kalkulasi hingga 93 kuadriliun per detik.

Sunway TaihuLight juga dinyatakan lima kali lebih kuat daripada superkomputer tercepat yang dimiliki Amerika Serikat, yang kini berada di peringkat ketiga di bawah Tianhe 2.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments