Cara Membuat Taskbar di Windows 10 Transparan

Cara Membuat Taskbar di Windows 10 Transparan

PUGAM.com – Memang benar bahwa ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan pengalaman dalam menggunakan Windows 10, tetapi juga benar bahwa sistem operasi Windows yang satu ini memiliki keterbatasan dalam hal personalisasi dan kustomisasi, terutama jika dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.

Jika Anda ingin melakukan berbagai macam personalisasi pada Windows 10 maka Anda akan bergantung pada utilitas yang disediakan oleh pihak ketiga, dengan asumsi bahwa utilitas untuk melakukan personalisasi yang Anda inginkan memang tersedia.

Salah satunya akan kami bahas dalam artikel kali ini. Ada utilitas bernama TranslucentTB yang dapat membuat tampilan taskbar di Windows 10 menjadi transparan.

Cara Membuat Taskbar di Windows 10 Transparan

Cara penggunannya pun sangat mudah, setelah Anda download, cukup klik file berekstensi .exe maka taskbar Anda akan berubah seketika menjadi transparan.

Secara default, utilitas ini akan menggunakan pengaturan blur yang membuat taskbar Anda terlihat seperti kaca buram, namun Anda tetap dapat menggunakan ikon di system tray untuk beralih modus dan membuatnya benar-benar transparan.

Untuk membuat taskbar Anda transparan dari awal komputer startup, cukup klik kanan pada file .exe kemudian pilih opsi Create shortcut lalu pindahkan shortcut tersebut ke folder startup.

Untuk membuka folder startup, buka File Explorer dan copy-paste tulisan di bawah ini ke address bar:

%APPDATA%\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Atau baca tutorial lengkapnya di bawah ini:

[pg_posts id=”9914″ posts_per_page=”1″]

Perlu diperhatikan bahwa beberapa program antivirus mungkin akan mendeteksi TranslucentTB ini sebagai virus atau malware tapi abaikan saja peringatan tersebut kemudian tambahkan TranslucentTB ke daftar putih (white list) antivirus Anda.

Ini adalah program open source jadi jika Anda ragu atau curiga bahwa program ini membahayakan, periksa saja kodenya, tentu itupun jika Anda mengerti bahasa pemrograman.

Download TranslucentTB (Gratis)

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments